PT Tectona Cipta Niaga

Strategi Pengembangan Produk dan Pasar Pada Bisnis Konveksi

Strategi Pengembangan Produk dan Pasar Pada Bisnis Konveksi

 

          Sebagai pengusaha konveksi kita harus bisa mempertahankan dan meningkatkan binis kita. Salah satu jalannya adalah dengan mengembangkan produk dan pasar pada bisnis konveksi kita. Agar terjadi peningkatan penjualan yang tentunya berefek pada semakin tumbuh dan berkembangnya bisnis kita. Karena apabila produk kita banyak terjual dan diminati serta penyerapan pasarnya luas, maka disitulah akan muncul profit atau keuntungan sehingga kita bisa memperbesar perusahaan kita.

Dalam strategi pengembangan bisnis konveksi,  antara produk dan pasar keterkaitannya sangat erat sekali, karena produk yang telah kita produksi harus dijual ke pasar yang tepat. Contohnya ketika kita memproduksi baju anak maka produk tersebut akan dipasarkan kepada ibu-ibu rumah tangga yang memiliki anak-anak, begitupun jika memproduksi pakaian olahraga maka dipasarkannya kepada para atlet atau pecinta olahraga.

Strategi pengembangan produk dan pasar pada bisnis konveksi terbagi menjadi 4 zona yaitu :

 

  1. Zona Kiri Bawah

Zona ini artinya kita sudah memiliki pasar dan juga barang yang telah kita produksi. Pada Zona ini kita hanya memproduksi satu jenis barang yang dijual pada satu pasar saja. Contohnya yaitu kita hanya memproduksi seragam sekolah SD yang dijual ke grosir A saja. Tidak melakukan pengembangan baik jenis produknya maupun pasarnya karena sudah merasa nyaman.

Dengan kondisi ini konveksi akan merasa nyaman karena tidak memikirkan jenis lain dan tempat menjualnya pun sudah ada. Namun ini sangat beresiko, jika ada pemasok lain masuk atau grosir tersebut bangkrut maka konveksi kitapun akan kena imbasnya. Untuk itu kita perlu antisipasi dengan mengembangkan jenis produk dan alternatif pasar lain.

 

  1. Zona Kanan Bawah

Pada zona ini kita tetap memilih satu pasar yang sama tetapi dengan barang yang baru. Dimana konveksi berinovasi dengan menciptakan produk- produk yang baru walaupun penjualnnya tetap ke pasar yang itu itu juga, tidak membuka pasar atau konsumen baru.  Contohnya yaitu konveksi menjual produk ke pasar yang sama dan untuk produknya ditambah dengan yang baru baik dari jenis, desain dan juga bahannya.

Pada zona ini kita telah melakukan inovasi pada produk yang memungkinkan membantu peningkatan penjualan. Dimana awalnya hanya satu jenis sekarang sudah bebrapa jenis, walaupun tempat penjualannya teteap sama.

Walaupun dapat meningkatkan penjualan namun jumlahnya akan dibatasi oleh kemampuan pasarnya, karena hanya di satu pasar saja.

 

  1. Zona Kiri Atas

Strategi berikutnya adalah ke zona Kiri Atas,  ini menggunakan barang yang masih lama tetapi untuk pasarnya mencari pasar yang baru. Walaupun konveksi kita tetap membuat barang yang sama  karena kemampuan yang dimiliki karyawan hanya bisa membuat satu jenis produk saja. Hal ini tidak masalah, lakukanlah secara terus – menerus dan yang harus dilakukan yaitu memperluas pemasarannya. Contohnya jika kemarin kita hanya memasarkan ke satu grosir saja maka sekarang kita harus mencoba memasarkannya ke grosir yang lain. Dengan memperluas pemasaran kita akan lebih banyak menjual barang yang kita produksi.

 

  1. Zona Kanan Atas

Strategi ini adalah strategi yang sangat baik dan memungkinkan untuk berakselerasi. Dalam strategi ini kita akan berinovasi memproduksi barang yang baru dengan pasar yang baru. Contohnya jika kemarin kita hanya membuat satu produk saja maka dengan strategi ini kita bisa membuat jenis produk yang lainnya dengan jumlah dan varian yang lebih banyak. Kemudian juga pasarnya dikembangkan lebih luas lagi. Hal ini akan membuat usaha kita semakin berkembang dengan jumlah penjualan yang lebih banyak.

 

Dengan mengtahui 4 zona ini diharapkan Pebisnis Konveksi bisa mengaplikasikan dan mendapatkan kemajuan. Karena  jika hanya sampai tahu saja tanpa melakukannya tidak akan terraih kemajuan tersebut.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + ten =

Live Chat
Scroll to Top