Sahabat semuanya tentu akan ada hal menarik dalam perjalanan mengelola usaha konveksi, apa sajakah hal itu ?
Salah satunya yaitu pernah terjadi pada saat perjanjian pekerjaan penerimaan order dengan konsumen yang sudah di tandatangani kontraknya dan ternyata ketika kita ingin mengerjakannya malah mengalami kesalahan perhitungan yang membuat perusahaan rugi, artinya biaya bahan baku operasional, personalia itu lebih besar dari biaya kontrak kita yang membuat rugi dari segi finansial. Mungkin sahabat konveksi lainnya ada yang pernah mengalami hal serupa nah untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana tips yang harus dikerjakan untuk menangani hal tersebut.
Sahabat apabila mengalami hal tersebut kita tidak boleh panik dan harus tenang atau keep calm karena setiap masalah pasti ada solusinya. Sedikitnya ada 4 langkah yang bisa kita lakukan diantaranya sebagai berikut.
- NEGOSIASI
Tips yang pertama adalah negosiasi ulang dengan konsumen kita jika hal tersebut memungkinkan dan coba jelaskan kalau kontrak yang telah di tandatangani itu ternyata ada perubahan, boleh kita nyatakan kalau kita salah perhitungan atau salah kalkulasi. Kemudian juga kita sampaikan saja ternyata kontrak yang kita tandatangani itu bahan bakunya ada peningkatan. Nah mudah – mudahan dengan itu konsumen kita mau membantu sehingga kita tidak akan mengalami kerugian.
- TERIMA Dan SYUKURI
Kemudian tips yang kedua adalah coba terima dan syukuri saja karena itu adalah pembelajaran untuk kita bahwa kerugian yang dihitung secara finansial itu kita anggap sebagai biaya belajar kita untuk kedepan agar lebih hati – hati, cermat, teliti dan rapih dalam perhitungannya. Karena dengan seperti itu kita ke depan sudah paham ternyata cara menghitungnya itu harus tepat dan coba survey dulu ke beberapa tempat dalam pemilihan bahan baku.
- KERJAKAN
Ketiga yaitu kerjakan sesuai dengan perjanjian kontrak yang sudah disepakati, sesuai standar yang baku dari kita dan kualitasnya tetap harus baik. Kemudian untuk pemilihan bahan baku harus sesuai dengan kontrak yang telah di tandatangani dan jangan menurunkan kualitas bahannya, kenapa harus demikian ?
Karena apabila konsumen puas pada kualitas kita maka mereka akan melakukan pembelian ulang dan bisa juga menjadi referensi kepada calon konsumen lainnya. Jadi, disaat ada perhitangan yang salah atau yang membuat perusahaan kita tekor tentu kualitas menjadi nomor satu jangan sampai kita menurunkan kualaitas atau juga menunda waktu pengerjaan yang telah disepakati misalnya, di dalam kontrak waktu pengerjaannya itu 2 minggu tetapi karena ada kesalahan dalam perhitungan kita undur dan mendahulukan proyek selanjutnya yang memang keuntungannya sudah terlihat. Hal tersebut itu tidak boleh ditiru sahabat, kita harus mengutamakan profesionalisme mungkin dalam waktu pengerjaannya ataupun pelayanannya.
- MENERIMA KEJADIAN TERSEBUT
Kita harus menerima dan rido bahwa itu kejadian yang memang sudah terjadi yang artinya, dengan berbuat ikhlas dan rido kita akan melakukan hal yang terbaik, kualitas terbaik dan pelayanannya juga baik. Mudah – mudahan dengan hal tersebut kita dapat menerima bahwa kita memiliki pelajaran yang berharga dengan tetap bekerja secara ikhlas dan professional diharapkan semoga kita bisa menerima pekerjaan yang lebih baik lagi. Karena dengan ikhlas pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah setres. Kemudian juga kita tidak akan mengeluh serta tidak menyesal dan menganggap semua itu adalah pelajaran yang berharga.
Nah sahabat inilah sedikit tips dalam mengerjakan orderan yang salah mengenai perhitungan harga jual dalam usaha konveksi ataupun usaha lainnya yang perlu kita ketahui, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Artikel ini bersumber dari channel You Tube Deden Tectona atau klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=eAgd9TGewhY dan apabila sahabat memerlukan kaos dan kemeja lapangan boleh cek di IG @tectona.shop Atau pun Jika sahabat mau bikin kemeja seragaman bisa custom di IG @tectona_firdilla.garment atau langsung pesan lewat wa 0813.3458.3458.
Terima Kasih.