PT Tectona Cipta Niaga

Cara Mengelola Keuangan Di UMKM Agar Usaha Lebih Maju

Di dalam pengelolaan sebuah konveksi tentunya sangat memerlukan yang namanya manajemen keuangan. Dari sekian banyak tips – tips untuk memajukan dunia konveksi dalam pengelolaan keuanganya, ada 4 point penting dalam pengelolaan keuangan agar konveksi bisa segera maju dan berkembang, yaitu :

  1. Memiliki Niat Yang Kuat

Seorang pengusaha  harus memiliki niat yang kuat untuk mengelola keuangan dan juga tentunya niat untuk konsisten dalam mengelola keuangan dengan baik. Tidak hanya dikala saat ingat saja, tetapi niatkan untuk mengelola keuangan tersebut dengan baik dan benar secara konsisten untuk selamanya.

 

  1. Menggunakan Uang Untuk Kebutuhan Bukan Keinginan

Pengusaha konveksi harus menggunakan uang untuk kebutuhan bukan digunakan untuk  keinginan. Contohnya, sebagai pengusaha konveksi tentunya sangat perlu kendaraan untuk mengantar atau mencari orderan. Kendaraan tersebut berfungsi untuk mengantarkan kita, tapi terkadang muncul rasa ingin memilih kendaraan yang bagus, keren bahkan mahal sehingga memberatkan pembiayaan usaha kita. Padahal sebetulnya masih bisa menggunakan kendaraan yang bekas tetapi masih layak pakai untuk memenuhi kebutuhan konveksi tersebut. Maka dari itu utamakan penuhi kebutuhan bukan keinginan, sehingga keuangan kita bisa dikelola dengan baik dan tidak terlalu banyak pengeluaran.

 

  1. Membiasakan Digaji Oleh Usaha Sendiri

Selaku pengusaha konveksi, walaupun sebagai pemiliknya tetap harus digaji oleh perusahaan tersebut. Jadi tidak sewenang – wenang menggunakan uang perusaahan dengan semaunya dan harus bisa membatasinya. Maka dari itu harus membiasakan menggaji diri kita sendiri dari usaha tersebut  jika ingin usaha kita segera maju dan berkembang. Jika tidak, kita akan seenaknya menggunakan uang tersebut dan merasa uang milik pribadi padahal itu adalah uang modal usaha.

 

  1. Membiasakan Menabung Dengan Menyisihkan, Bukan Menunggu Sisa

Sebagai pengusaha konveksi, kita harus terbiasa untuk menabung dengan cara menyisihkan uang kita bukan dengan menunggu sisa dari uang kita. Menyisihkan adalah upaya maksimal memaksakan diri sendiri untuk menyimpan uang tersebut. Maka tabungan tersebut bisa dipakai ketika suatu saat perlu investasi dan  digunakan untuk hal yang sifatnya mendadak. Tetapi jika kita menabungnya dengan cara menunggu uang kita tersisa, biasanya itu akan sulit apalagi ketika kita sudah banyak keinginan.

 

 

Itulah empat point penting yang bisa dilakukan agar pengelolaan keuangan kita dapat mengantarkan usaha kita semakin maju dan berkembang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three − one =

Live Chat
Scroll to Top