PT Tectona Cipta Niaga

7 TIPS MENJADI KARYAWAN YANG SUKSES

Sebelum menjelaskan cara menjadi karyawan yang sukses mari kita kenali lebih dulu apa yang dimaksud dengan karyawan. Karyawan menurut para ahli merupakan seseorang yang bekerja di lembaga atau perusahaan untuk melakukan tugas operasional. Dan mengharapkan imbalan dalam bentuk komisi (uang). Sederhananya definisi karyawan berarti bahwa orang yang bekerja untuk orang lain atau untuk perusahaan.

Setelah memahami arti dari karyawan mari kita bahas 7 tips menjadi karyawan yang sukses diantaranya sebagai berikut :

  1. Disiplin

Apa itu disiplin ? Secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Latin “disibel” yang berarti Pengikut. Seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Disiplin memerlukan integritas emosi dalam mewujudkan keadaan. Disiplin sendiri merupakan dasar dari semuanya. Disiplin itu tentunya sesuai dengan tata tertib di perusahaan, sesuai dengan peraturan yang ada dan kita tidak melanggarnya contohnya seperti jam kerja harus sesuai dengan yang diperintahkan oleh perusahaan.

  1. Kejujuran

Menurut Dharma Kesuma et al. (2012: 16) pemahaman yang jujur ​​adalah keputusan yang dimiliki seseorang ketika mengungkapkan perasaan, kata-kata dan tindakan mereka, bahwa fakta itu benar-benar terjadi dan tidak dimanipulasi oleh imitasi atau kebohongan untuk mendapatkan manfaat bagi diri mereka sendiri. Jadi, jujur adalah mengatakan apa yang kita lakukan, kerjakan, dan laporkan dengan baik dan jujur serta jangan di manipulasi.

  1. Integritas

Makna integritas di KBBI adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg dilihat arti dan definisi di jagokata. Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa).

Integritas adalah bahwa kita melakukan apa yang kita katakan apabila jujur itu mengatakan apa yang kita lakukan membuat laporan yang benar, membuat data yang benar itu jujur. Jadi kita harus mempuyai integritas kalau ingin sukses.

  1. Inovatif Dan Kreatif

Apa sih yang dimaksud dengan Kreatif dan Inovatif ? Kreatif adalah skill untuk menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, dan mengkombinasikan beberapa konsep yang sudah mindstream di masyarakat dirubah menjadi suatu konsep yang berbeda” (James R. Evans, 1994). Kemudian Kata inovatif berasal dari kata bahasa inggis “innovate” yg artinya memperkenalkan sesuatu yg baru sedangkan innovative berarti bersifat memperbarui. Kemudian kata “innovate” dan “innovative” yg merupakan bahasa Indonesia dengan mengalami perubahan penulisan manjadi “inovatif” yg berarti bersifat memperkenalkan suatu yg baru. Sedangkan orang yg melakukan pembaharuan disebut “innovator”.

 

  1. Nilai Plus

Nilai plus contohnya kalau orang hanya mengerjakan dua atau tiga pekerjaan yang maksimal kita harus bisa empat, lima pekerjaan nah itu memiliki nilai lebih. Kalau orang lain hanya bisa disiplin, jujur atau dengan sopan dan santun maka kita harus bisa lebih dari mereka. Apabila kita mengerjakan sesuatu yang diinginkan atasan hanya ingin puas maka kita harus bisa lebih puas untuk mengerjakannya. Jadi atasan kita, rekan kita tidak hanya sekedar puas dengan pekerjaan kita tapi lebih puas.

  1. Komunikatif

Komunikatif dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerjasama dengan orang lain. Karakter komunikatif dapat dikembangkan dengan menciptakan suasana pergaulan yang nyaman, situasi yang mendukung, dan lingkungan yang menarik. Komunikatif yang harus di jaga yaitu dengan atasan, rekan kerja, satu level dan dengan bawahan kita memiliki amanat untuk mengelola beberapa orang.

Hal tersebut berguna untuk pekerjaan kita nilainya plus, plus, plus dan juga informasi-informasi akan mudah di dapatkan misalnya perusahaan memerlukan orang-orang seperti apa kreterianya karena kita dekat dengan atasan maka kita akan mendapatkan informasi tersebut untuk itu kitab isa mempersiapkan. Tetapi dekat dengan atasan itu bukan berarti kita menjadi penjilat, mencari muka tapi kita memang berkomunikasi yang baik. Kemudian juga komunikasi dengan satu level maka kita juga harus baik agar jika kita memiliki masalah kita bisa dibantu oleh rekan kerja.

  1. Terus Menambah Ilmu

Yang di maksud terus menambah ilmu apa sih ? Terus menambah ilmu adalah terus mengembangkan minset kita, pola pikir kemudian kelapangan dada, kebaikan diri kita dan ilmu kita dalam mengerjakan segala sesuatu.

Nah inilah beberapa cara menjadi karyawan yang sukses semoga cara ini bermanfaat bagi kalian semua. Tujuh cara ini bersumber dari chanel youtube Deden Tectona atau klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=95ZzXvvoVEA dan apabila kalian memerlukan kaos-kaos keren tersedia di Ig @tectona.shop Atau pun Jika kalian mau bikin kaos seragaman bisa custom di ig @tectona_firdilla.garment atau langsung pesan lewat wa 0813.3458.3458  Terima Kasih.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − 4 =

Live Chat
Scroll to Top