PT Tectona Cipta Niaga

6 MODAL USAHA KONVEKSI YANG UTAMA

Sahabat konveksi di tanah air, banyak yang bertanya. Bagaimana caranya agar  usahanya bisa maju. Saya ingin mencoba usaha tetapi tidak punya modal. Saya tidak bisa berkembang karena modal uang yang terbatas. Dan banyak pertanyaan lain yang seperti itu.

Sahabat, sebenarnya apa sih modal yang diperlukan untuk membangun sebuah Konveksi ? Maka, jika kita perhatikan, pasti akan menemukan apa modal tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja sih modal usaha konveksi yang  perlu kita ketahui?

Dari beberapa contoh perusahaan yang dibangun, saya menemukan dan mengumpulkan mengumpulkan dalam 6 jenis, yaitu :

  1. MENTAL BAJA

Mental baja adalah mental yang kuat, yang ada di dalam diri pengusaha konveksi. Mental baja itu bagaikan baja yang tidak mudah patah, walaupun di bakar dan di pukul – pukul bukan menjadi barang yang remeh – temeh menjadi rongsokan tetapi akan menjadi samurai yang tajam, nah itulah yang dimaksud mental baja. Orang yang memiliki mental baja ini  digambarkan dengan  adanya kemauan yang kuat, tidak mudah menyerah,  tekadnya juga bulat dan tidak setengah – setengah. Selain itu juga orang yang memiliki mental baja ketika ada kendala dan hambatan, dianggapnya sebagai tantangan untuk bisa lebih maju, dan dia juga berani mengambil resiko, ada peluang di ambil, ada resiko di hadapi tidak ditinggalkan. Kemudian juga disaat dia jatuh mungkin bangkrut, mungkin tidak memiliki keuntungan yang banyak dia bangkit lagi mencari jalan keluar, nah itu modal utama dan yang pertama yaitu mental baja, mental yang kuat agar konveksi kita bisa tumbuh, maju, dan berkembang.

  1. RELASI

Modal yang kedua adalah dia mau membangun relasi. Kenapa kita harus membangun relasi ? karena relasi dan jaringan adalah salah satu investasi yang penting dalam usaha apapun termasuk di konveksi. Semakin banyak relasi tentunya kemungkinan orderan juga akan semakin banyak, semakin berkah , kemudian juga tidak menutup kemungkinan dengan banyak relasi, probability orang yang akan pesan kepada kita akan semakin bertambah.

  1. KEMAUAN BELAJAR

Kemudian modal yang ketiga, yaitu mau belajar. Sahabat semuanya kemauan belajar itu adalah modal yang sangat – sangat penting untuk kita selaku pengusaha konveksi. Bagaimana tidak, dengan bertambahnya ilmu maka perusahaan kita akan semakin maju misalnya mau belajar tentang ilmu manajemennya, belajar tentang bagaimana cara mengupah karyawan yang baik, bagaimana cara merekrut karyawan yang baik dan solid.

Dalam menyediakan karyawan untuk perusahaan agar memiliki kualifikasi yang baik sesuai dengan kebutuhan kita perlu  belajar. Kemudian juga mau belajar tentang ilmu marketingnya atau cara memasarkannya itu adalah modal yang sangat utama sekali.

 

 

  1. UANG SECUKUPNYA

Kemudian yang ke empat memiliki uang secukupnya bukan memiliki uang yang banyak. Uang banyak juga kalau tidak di kelola dengan baik akan bingung, banyak orang yang menerima warisan yang nominalnya cukup tinggi, tetapi tidak bisa mengelolanya. Hal yang penting adalah uang secukupnya  artinya tidak terlalu banyak tapi optimal, jadi uang tersebut di gunakan sesuai kebutuhan. Bukan tidak perlu modal uang, tapi perlu secukupnya saja. Tidak berlebihan.

  1. BERANI MELANGKAH

Berani melangkah disini adalah bahwa jika ada peluang dia berana mengamabilnya.   Kemudian juga dengan keberanian dia akan melangkah dan mencoba cara – cara yang baru, berinovasi, dan akan bangkit lagi disaat jatuh. Modal keberanian melangkah ini modal yang sangat penting juga. Karena modal keberanian ini beriringan dengan keberanian dia mengambil resiko, maka kalau kita ingin manjadi pengusaha konveksi jangan ragu-ragu melangkah.

  1. ISTIQOMAH

Yang di maksud istiqomah artinya kita harus teguh pendirian, kita harus maju dan jangan tergiur oleh yang lain itulah istiqomah. Kemudian juga gambaran dari istiqomah itu adalah orang yang konsisten , orang yang sabar. Apapun tantangannya akan terus menerus dilakukan. Kadang-kadang ada orang yang ingin maju tapi dia tidak istiqomah. Maka kita harusnya belajar terus untuk bisa istiqomah.

Contohnya dalam  membangun relasi, ketika dia membangun relasi ditahun ke satu ,ke dua tetapi di tahun berikutnya tidak, maka akan putus relasinya. Nah hal tersebut harus di jaga keistiqomahannya , kekonsistenannya dan sabar dalam melakukannya.

Nah ituah modal usaha konveksi yang utama yang perlu diketahui oleh pengusaha konveksi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Artikel ini bersumber dari chanel You Tube Deden Tectona atau klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=cak6BgbtVG4

dan apabila sahabat memerlukan kaos-kaos keren tersedia di Ig @tectona.shop Atau pun Jika sahabat mau bikin kaos seragaman bisa custom di ig @tectona_firdilla.garment atau langsung pesan lewat wa 0813.3458.3458  Terima Kasih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − 6 =

Live Chat
Scroll to Top